MENDADAK JOKOWI DATANGI “ TEMPAT NONGKRONG ” WARTAWAN INDONESIA DAN ASING YANG MELIPUT KTT G20

_Headline, Nasional, World150 Dilihat

Jatengtime.com-Nusa Dua-Tanpa ada pemberitahuan, Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mendadak mengunjungi Media Center ( tempat nongkrong ) wartawan Indonesia dan asing yang bertugas meliput (KTT) G20 Bali.

Kunjungan orang nomor satu Indonesia sekaligus tuan rumah KTT G20, Senin (14/11/2022) sekitar pukul 19.48 WIB, sontak mengagetkan seluruh wartawan yang kebetulan berada di Media Center.

Saat memasuki Mangupura Hall yang menjadi Press Workstation, Jokowi langsung dihampiri seluruh wartawan.

Naluri jurnalis yang biasa meliput acara langsung terlihat keakraban antara Presiden dengan wartawan. Jokowi langsung jadi pusat perhatian sekaligus berfoto ria dengan orang nomor 1 Indonesia ini sekaligus mengajukan beberapa pertanyaan seputar KTT G20 diajukan ke Jokowi.

Namun dengan senyum khasnya, Jokowi hanya menjawab ringan, saya tidak berkomentar untuk saat ini.

“ I have no comment to make at this time…” kata Jokowi.

Jokowi yang didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dengan dikawal Paspampres kemudian meninjau ke titik media center yang lain.

Walau dikawal Paspampres, para awak media ini diberi ruang dan kesempatan untuk terus bertanya kepada Jokowi mengenai sejumlah isu KTT G20.

Namun kembali dijawab Presiden Jokowi dengan jawaban yang sama.

“ I have no comment to make at this time…”

Setelah melihat fasilitas yang dibutuhkan wartawan luar dan dalam negeri dalam tugas jurnalistik di KTT G20, Presiden Jokowi kemudian berpamitan meninggalkan lokasi.

Apa itu KTT G20…?

KTT G20 Indonesia dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022 yang merupakan pertemuan puncak dari rangkaian agenda G20 selama presidensi G20 Indonesia.

Pertemua KTT G20 rutin dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan masing-masing kepala negara atau kepala pemerintahan.

G20 beranggotakan wakil dari lebih dari 80 persen PDB dunia, 75 persen perdagangan dan tahun ini Indonesia sebagai tuan rumah sekaligus resmi memegang presiden G20.

Ada tiga isu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.

KTT G20 adalah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara maju dan berkembang utama di dunia.

KTT G20 memiliki fungsi strategis dalam mengamankan kemakmuran dan pertumbuhan ekonomi dunia di masa depan.

Indonesia sebagai Presiden G20 kali ini mengusung semangat pulih bersama dengan tema “ Recover Together, Recover Stronger ( Sembuh Bersama, Sembuh Lebih Kuat ) ”.